Longsor Terjang Babaranjang

Petugas Melakukan Evakuasi Kereta Api Babaranjang

Radartvnews.com- Hujan yang mengguyur Kabupaten Way Kanan  beberapa hari terakhir, mengakibatkan terjadi longsor dan menghantam kereta api babaranjang yang sedang melintas tepatnya di Km 168 Kampung Gunung Sangkaran, Kecamatan Belambangan Umpu.

Kereta dengan relasi Tarahan-Tanjung Inem ini terhenti akibat tanah longsor yang menghantam dua gerbong dan satu gerbong hingga miring dan hampir anjlok dari rel.  menurut petugas yang menangani kejadian longsor ini terjadi sekira pukul 22:45 WIB (2/12).

Kejadian tanah longsor tersebut tidak mengganggu aktifitas perjalanan kerea api, karena jalur kerea api yang terkena tanah longsor terdapat 2 jalur dan satu jalur aman untuk dilalui kerea api. Saat ini jalur hulu (dari Tanjung Karang ke Palembang) dialihkan ke jalur hilir (yang bisa digunakan dari Palembang ke Tanjung Karang).

Diperkirakan evakuasi tanah yang menghalangi rel dan membuat gerbong miring akan selesai pada pukul 23;00 WIB (3/12), itupun jika tidak terjadi hujan saat evakuasi hari ini. Selain para petugas, evakuasi ini juga dibantu satu alat berat.

Basirah Ketua Divisi Sarana KA menjelaskan bahwa kejadian ini adalah murni dari faktor alam karena pada saat kejadian sedang hujan deras dan yang mengakibatkan longsor.

“kejadian murni dari faktor alam saat kejadian sedang hujan deras dan yang mengakibatkan longsor sehingga kereta Anjlok,” ungkap Basirah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan tidak menghambat lalu lintas kereta perjalan kereta api.(ded/san)