Maksimalkan Pelayanan Disdukcapil Jempu Bola

Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Masyarakat Lampung Timur, saat ini tengah menjadi perhatian dan prioritas tersendiri, bagi Disdukcapil Kabupaten Lampung Timur. Oleh karena itu untuk memaksimalkan proses tersebut, Disdukcapil menggiatkan program jemput bola hingga di Tingkat Desa.

Sekertaris Disdukcapil Kabupaten Lampung Timur menyampaikan, meski saat ini Kepengurusan Identitas Diri, belum bisa dilakukan secara online, namun pihaknya selain membuka pelayanan di kantor, namun juga mengoptimalkan pelayanan dengan cara turun langsung ke Kecamatan, dengan menggunakan mobil, untuk melayani warga dalam mengurus atau membuat berbagai Dokumen Administrasi Kependudukan.

Selain itu menurutnya, pelayanan pembuatan Administrasi Kependudukan, seperti pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), dan Kartu Identitas Anak, semuanya gratis tanpa dipungut biaya.

Namun meski demikian, pihaknya mengaku masih mengalami beberapa kendala, seperti kurangnya belangko E-KTP, lemahnya  jaringan internet dan listrik. Selain itu pihaknya juga masih kekurangan pegawai, sehingga secara tidak lamgsung mempengaruhi proses pelayanan.

Sementara itu sekretaris BKD Lampung Timur menjelaskan,  sejauh ini pihaknya terus bersinergi dengan Disdukcapil, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya dengan mengajukan penambahan pegawai, pasalnya saat ini Disdukcapil kekurangan pegawai.

Selain itu dirinya mengungkapkan, selain kekurangan pegawai di lingkungan Disdukcapil, beberapa alat operasinal seperti computer, printer, dan scanner sudah tidak berfungsi secara maksimal, dan perlu diperbaharui karena sudah berumur lebih dari 7 tahun.

(Kuh/Ri)