Mamik Natalis Dianugrahi Gelar Boru Naibaho (Society 4 M)

Mamik Natalis Dianugrahi Gelar Boru Naibaho (Society 4 M)
Mamik Natalis Dianugrahi Gelar Boru Naibaho (Society 4 M)

radartvnews.com – Setelah melangsungkan beberapa tahap untuk mengambil gelar Marga Batak akhirnya Sabtu kemarin, keluarga besar J.  Natalis Sinaga melangsungkan resepsi Adat Pasahat Sulang-sulang Pahompu. Kegaiatan Adat Batak tersebut dilakukan untuk memberikan gelar kepada sang istri tercinta, yang merupakan warga suku Jawa.

Dalam Adat Batak. Apabila ada Warga berdarah Batak, menikah dengan seorang yang bersuku lain, maka orang tersebut harus mengambil gelar Batak. Sehingga selain Sah secara Agama pernikahan mereka juga Sah secara Adat. Untuk itu  Keluarga J. Natalis Sinaga menganugrahkan gelar Marga Boru Naibaho untuk istri tercintanya Mamik Setiyowati.

Natalis mengatakan bahwa ini merupakan keharusan yang harus dijalani setiap Warga Suku Batak  agar mereka semua dapat menjadi keluarga Batak seutuhnya.

Anggota DPRD Lamteng ini menjelaskan pemberian Gelar Marga Batak kepada istrinya tersebut tidak begitu saja dilakukan. Ada beberapa tahapan yang dilakukan, seperti melaksanakan pengangkatan Marga yang dilaksanakan Jumat 5 Agustus dan Kamis 11 Agustus lalu melalui rapat Adat.

Menurutnya pemberian gelar juga sah di mata hokum, karena Indonesia merupakan negara yang mengakui Keanekaragaman Adat, Budaya, Suku dan Agama, jadi  jangan sampai Keragaman Budaya Indonesia yang indah ini terpecah.

Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Batak ditandai dengan dilakukannya prosesi penyambutan tamu dari masing-masing Marga Batak atau yang disebut Hula-hula, kemudian dilanjutkan dengan persembahan daging kerbau yang diserahkan kepada keluarga Naibaho sebagai suatu simbol peresmian bahwa sudah menjadi keluarga Warga Batak.

Selanjutnya sebagai puncak Pelantikan dilakukan pemakaian  pakaian Kehormatan Adat Batak berupa Ulos.

Salah Satu tokoh Adat Batak yang ada di Lampung tengah Kanar Sinaga mengatakan  bahwa pemberian Gelar Marga Batak kepada salah satu keluarga yang berasal Dari suku lain merupakan sebuah Kehormatan.

Kahar menjelaskan Warga Batak memiliki beberapa Marga salah satunya Sinaga dan Naibaho keluarga J.  Natalis Sinaga merupakan keluarga dari Marga Sinaga dan Ibu J.  Natalis Bermarga Naibaho, untuk itu istri dari J.  Natalis Sinaga mendapat Gelar Marga dari Ibu Mertuanya.

Selain dihadiri keluarga besar Warga Batak di Lampung Tengah, kegiatan pemberian Gelar Adat ini juga dihadiri rekan-rekan J. Natalis Sinaga, seperti Bupati Lampung Tengah, Mustafa beberapa anggota DPRD Lampung Tengah dan Kader Partai PDI Perjuangan Lampung Tengah.(tik/jef)