Scroll untuk membaca artikel
EventLampung Selatan

MAP Wadah Adat Budaya Sebagai Alat Pemersatu

0
×

MAP Wadah Adat Budaya Sebagai Alat Pemersatu

Share this article
MAP Wadah Adat, Budaya Sebagai Alat Pemersatu
MAP Wadah Adat, Budaya Sebagai Alat Pemersatu

radartvnews.com – Silaturahmi sekaligus pelantikan pengurus MAP Lampung Selatan ini dihadiri sekitar 700 umat Hindu di Lampung Selatan asal Bali. MAP dibentuk sebagai wadah Komunikasi dan Informasi, selain untuk meningkatkan kerjasama dengan Adat dan Budaya lainnya di lampung selatan.

Pembentukan Organisasi MAP ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Adat Budaya yang sudah turun temurun. Selain sebagai wadah untuk harmoni kehidupan dalam jalinan persatuan dan kesatuan.

Sesuai landasan Hukum Materil dan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014, sebagai landasan Yuridis Formil, MAP mengemban Misi untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, mengapresiasi pembentukan Majelis Adat Pekraman Kabupaten Lampung Selatan. Menurutnya, MAP merupakan wadah masyarakat Adat Bali Hindu di Kabupaten Lampung Selatan untuk mempererat tali Silaturahmi antar umat, Lembaga dan Pemerintahan.

Rencananya, di Lampung Selatan nantinya akan dibangun Sanggar Seni Remaja, berkolaborasi anatara Tari Lampung dan Bali yang menghasilkan Tari Kreasi Perpaduan.

Menurutnya, Sanggar Seni dan Budaya juga menjadi salah satu pemersatu Adat Istiadat dari berbagai etnis yang dapat disaksikan oleh masyarakat.

Keberadaan Majelis Adat Pekraman merupakan suatu wadah dari masing – masing Adat Istiadat, dapat menjadi bukti menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan walau berbeda Suku maupun etnis. Saling menghargai Kebudayaan masing – masing demi membangun Daerah.(Jef/Mai)