Marak Obat Ilegal, BPOM Telusuri Lampung

Marak Obat Ilegal, BPOM Telusuri Lampung

radartvnews.com- Banyaknya laporan terkait peredaran obat dan makanan di Lampung mendapat respon dari Badan Pusat Obat dan Makanan ( BPOM ) RI. Bahkan BPOM pusat akan malakukan penelusuran  mencari obat dan  makanan serta kosmetik ilegal.

Deputi Bidang Penindakan BPOM RI Hendri Siswandi saat menghadiri kegiatan Peduli Obat dan Pangan Aman di Pusat Kegiatan Olahraga ( PKOR ) Wayhalim, Bandar Lampung, minggu pagi (25/2) menjelaskan, BPOM telah  memetakan daerah yang disinyalir terdapat obat obat maupun kosmetik ilegal, namun BPOM merahasiakan lokasi zona merah rawan peredaran obat dan makanan ilegal.

“ada beberapa peta wilayah yang masuk rawan perdaran obat dan kosmetik ilegal,” kata Hendri.

Saat  ini di Lampung banyak beredar obat tradisional seperti jamu mengandung bahan zat kimia berbahaya bahkan BPOM RI pernah menemukan  gudang obat mengandung zat berbahaya di Lampung, Obat dan kosmetik ilegal banyak beredar di pasar tradisional karena banyak masyarakat belum mengetahui bahaya obat dan kosmetik ilegl, imbuh Hendri.

Sejak tahun 2015 BPOM RI telah melakukan penindakan 300 perkara dan telah di proses secara hukum. kesempatan ini,  BPOM RI memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya untuk menghindari obat obatan serta panganan ilegal.(lih/san)