Scroll untuk membaca artikel
EventLampung Selatan

Marga Legiun Buka Stand Di LSF 2019

7
×

Marga Legiun Buka Stand Di LSF 2019

Share this article

Sejak di bukanya Lampung Selatan Fair 2019 Stand Bandar Marga Legun, Kalianda setiap Malam selalu ramai di kunjungi para pengunjung Lampung Selatan Fair dari berbagai macam kalangan baik orang dewasa maupun pemuda, pada umumnya para pengunjung ingin lebih dekat Marga Legun serta mempelajari Adat Istiadat Marga Legun dan melihat Souvenir Asli Lampung buatan Masyarakat Marga Legun.

Marga Legun terdiri atas Satu Bandar yaitu Bandar Way Urang dan mempunyai 3 Paksi yaitu Paksi Tengkujuh, Paksi Maja serta Paksi Canggu, setiap malam Paksi-Paksi tersebut melayani para pengunjung penuh dengan kearifan lokalnya.

Di Stand Marga Legun ada beberapa Pajangan Ciri Khas Lampung, yang terdiri dari  Lelangit, Lelukhokh, Khutik, Tikhai, Payung Khenik, Kumbang Mutun, Kebung Khekhedaian. Pada setiap pajangan di Stand Marga Legun pun memiliki arti seperti Tikhai Yang  Melambangkan Kesenian, Payung Melambangkan Gotong – Royong atau Kebersamaan, Kebung Melambangkan Tempat Musyawarah, Kasur Melambangkan Bumi Yang Di Pijak, Salai Balaian Melambangkang Kesuburan.

Dalom Mangku Bumi Kepaksian Tengkujuh mewakili Pangikhan Sangun Ya Bandakh Dua menjelaskan dengan berdirinya Stand Marga Legun Kebandakhan Way Urang itu untuk mengenalkan Kepada Warga Lampung Selatan, Khususnya Masyarakat Kalianda untuk dapat memahami adat istiadat masyarakat lampung, serta kedepannya dapat di lestarikan oleh generasi penerus, sehingga Adat Budaya Lampung terutama Lampung Selatan dapat dikenal generasi muda sehingga pada masa yang akan datang dapat terus dilestarikan. (Ma/Wo)