Menteri Susi Hadiri Tradisi Ruwat Laut

BANDAR LAMPUNG- Ribuan nelayan Provinsi Lampung memadati tempat pelelangan ikan lempasing. Kedatangan nelayan untuk memeriahkan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) ke 43 tahun, sabtu pagi 28 mei 2016.

Dalam rangkaian HUT HNSI ke 43 tahun ini, juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Menteri Susi juga membuka langsung acara tradisi ruwat laut, Susi dalam sambutannya berpesan  kepada seluruh nelayan  untuk menjaga baik kelestarian laut agar tidak dijarah oleh pihak asing. “laut indonesia milik nelayan indonesia, harus dijaga dari pencurian ikan oleh pihak asing” ungkap Susi.

Tarno Salah satu nelayan menyampaikan, tradisi ruwat laut sendiri merupakan tanda rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas berkah hasil laut yang telah diperoleh para nelayan . Ritual ruwat laut ini juga diharapkan dapat membuang sial. “diharapkan tangkapan nelayan kedepan akan semakin banyak serta jauh dari kesialan,”. Ujar tarno.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua umum HNSI pusat Mayor Jenderal ( purn ) Marinir H Yusuf Sulichin  serta hadir pula Gubernur Lampung M . Ridho Ficardo. (lih/ren/sep)