Muslim Lampung Bela Uighur

Radartvnews.com – Ratusan santri pondok pesantren Al Fatah, bersama Aliansi Pemuda Jamaah Muslim Lampung menggelar aksi solidaritas Peduli Uighur. Aksi berlangsung di Bundaran Adipura Bandarlampung ini, mendesak pemerintah Indonesia bersikap tegas terhadap Tiongkok. Membentangkan poster dan spanduk, ratusan massa aksi mengecam tindakan pemerintahan komunis Tiongkok yang menindas dan menganiaya muslim Uighur.

Nurhadis, Koordinator Aksi menyampaikan aksi unjuk rasa ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap muslim Uighur yang mengalami penindasan di negaranya sendiri. Aksi ini juga bentuk seruan kepada pemerintah Indonesia, agar peduli dan tegas.Massa aksi juga meminta pemerintah Tiongkok membuka akses media untuk informasi tentang muslim Uighur, terpenting Tiongkok harus menghapus diskriminasi terhadap muslim Uighur.

’’Berdasarkan informasi yang diterima dari perwakilan organisasi Islam yang langsung berada di Uighur, kondisi muslim Uighur saat ini sangat memprihatinkan. Keadaan sebenarnya terkesan ditutupi pemerintah Tiongkok,’’ kata Nurhadis

Koordinator Aksi.Sementara, jika muslim Uighur masih terus mendapatan penindasan oleh pemerintah Tiongkok jutaan umat Islam seluruh dunia akan terus bergerak dan tidak akan tinggal diam. Peserta juga menampilkan aksi teatrikal yang menampilkan bagaimana kesadisan pemerintah Tiongkok dalam menindas muslim Uighur. (kuh/rie)