Muslim Uighur Dibantai, Etnis Tionghoa Lampung Prihatin

Muslim Uighur Dibantai, Etnis Tionghoa Lampung Prihatin

Radartvnews.com- Dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, Tiongkok mendapat sorotan dari semua pihak  termasuk di Provinsi Lampung.

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung angkat bicara. PSMTI Lampung turut prihatin dengan kejadian yang ada muslim Uighur.

Ketua PSMTI Kota Bandar Lampung Rusli Taslim mengatakan bahwa sangat menyayangkan hal tersebut, namun ia tak bisa mengintervensi apa yang terjadi di Tiongkok.

“kami sangat menyayangkan, hal tersebut, namun ia tak bisa mengintervensi apa yang terjadi di Tiongkok,” kata Rusli.

Sebelumnya, Tiongkok dihujani berbagai kritik dari masyarakat dunia atas perlakuan mereka yang dianggap menindas sejumlah besar warga suku Uighur kelompok minoritas muslim negeri, antara lain dengan menahan mereka di camp-camp khusus.

Pada agustus 2018 sebuah komite PBB mendapat laporan bahwa hingga 1 juta warga Uighur dan kelompok muslim lainnya ditahan di wilayah Xinjiang Barat dan disana mereka menjalani apa yang disebut program ‘reedukasi’ atau ‘pendidikan ulang’.

Pemerintah China membantah tudingan kelompok-kelompok HAM itu, pada saat yang sama ada semakin banyak bukti pengawasan opresif terhadap orang-orang yang tinggal di Xinjiang.(lih/san)