OTT KPK di Lampura, Ini Dia Proyek Bancakan Bupati

Radartvnews.com – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Lampung Utara menambah catatan banyaknya kepala daerah yang tersandung korupsi. Agung Ilmu Mangkunegara merupakan kepala daerah ke-115 yang ditangkap KPK dalam OTT.

OTT yang dilakukan KPK tersebut tidak diketahui pasti kapan waktunya. Namun, berdasarkan informasi yang didapat, OTT tersebut di dua lokasi berbeda, yaitu Rumah Dinas Jabatan Bupati dan Kantor Dinas PUPR Lampung Utara.

Proyek Berujung Kpk

  • Pembangunan pasar tradisional Desa Tatakarya, Kecamatan Abung Surakarta

Nilai Proyek

  • Rp 3 miliar

Fee Bupati

  • Rp 600 juta 
  • Baru ditemukan Rp 200 juta dalam mobil Mitsubishi Pajero BE 1262 BD milik Raden Syahril

Mundur dari NasDem

Agung adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Nasional Demokrat Lampung Utara. Namun, dia langsung mengundurkan diri usai ditangkap KPK.

Pengunduran diri dilakukan agar fokus menjalani proses hukum terkait kasus yang menjeratnya. OTT terhadap Agung juga menambah jumlah kepala daerah yang ditangkap KPK, dari data KPK sebelumnya ada 114 kepala daerah yang telah ditangkap sepanjang tahun 2004 hingga juli 2019. Dengan rincian 17 gubernur, 74 bupati dan 23 walikota. Kebanyakan dari penangkapan ini terkait suap, gratifikasi, penyalahgunaan anggaran dan pengadaan barang jasa. (tim/rie)