Pancaroba, Puting Beliung Mengancam

Radartvnews.com – Memasuki musim peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan. Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika mengimbau agar lebih waspada, dikarenakan saat ini angin kencang atau puting beliung akan terjadi.
Berdasarkan hasil analisa dinamika atmosfer, Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika atau BMKG. Awal musim hujan pada tahun 2019 hingga 2020 di Provinsi Lampung, secara umum mengalami mundur dari prediksi normalnya yaitu berkisar satu hingga enam dasarian atau sepuluh hingga enam puluh hari.

Untuk Provinsi Lampung sendiri awal memasuki musim hujan secara umum yaitu sejak bulan Oktober dan November, namun puncak dari musim hujan diprediksi akan berlangsung pada bulan Januari 2020. Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan dinamika atmosfer yang meyebabkan suhu permukaan laut masih dibawah normal dan pergerakan angin masih aktif.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika muda BMKG Kotabumi, Agung Setyadi mengatakan, pada musim peralihan atau pancaroba saat ini yang perlu diwaspadai adalah angin kencang dan puting beliung. Biasanya cuaca berlangsung pada sore hari.Terjadinya puting beliung itu sendiri biasanya ditandai dengan berkumpulnya awan rendah atau awan cumulus yang tebal

Terjadinya puting beliung itu sendiri biasanya ditandai dengan berkumpulnya awan rendah atau awan cumulus yang tebal.

Agung mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, terutama bagi warga yang memang perumahannya mendekati pohon-pohon besar.(sas, bow, rie)