Paripurna DPRD Lamsel, Fraksi Demokrat Dukung Pembuatan Produk Hukum Desa

Paripurna DPRD Lamsel
Paripurna DPRD Lamsel

radartvnews.com – Pada paripurna DPRD Lamsel, fraksi demokrat Lampung Selatan juga menyetujui ranperda keuangan desa, supaya dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing desa dapat tepat sasaran, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ini disampaikan dalam rapat paripurna pada pemandangan umum fraksi demokrat DPRD Kabupaten Lampung Selatan terhadap penyampaian 4  paket ranperda Kabupaten  Lampung Selatan, di gedung DPRD setempat. Fraksi demokrat dukung pembentukan  produk hukum desa.

Melalui juru bicaranya jenggis Khan Haikal, fraksi demokrat akan mendorong setelah ditetapkan menjadi PERDA untuk setiap desa segera menyusun program Legislasi desa atau Prolegdes ,yang mempertimbangkan situasi, kondisi dan potensi desa.

Sehingga akan didapatkan kesamaan pandangan dalam pembuatan produk hukum desa antara BPD dan kepala desa, yang bertujuan agar Implementasi peningkatan penyelenggaraan Pemerintahan desa dan peningkatan pembangunan desa akan terwujud sebagaimana yang diharapkan.

Terhadap ranperda keuangan desa, pada kelompok transfer terhadap alokasi pendapatan yang bersumber dari dana desa. Fraksi demokrat menghimbau agar bagian otonomi daerah, maupun badan pemberdayaan masyarakat desa, BPMD, dapat melakukan pendampingan, bimbingan dan pengawasan yang ketat kepada seluruh kepala-kepala desa se- Kabupaten Lampung Selatan.

Karena sebagai penerima dana desa dari Pemerintah pusat, agar  dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing desa dapat tepat sasaran, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan.(red/ma’i/jef)