Pastikan Kesehatan Hewan,Dinas Peternakan Sidak Hewan Qurban

Pastikan Kesehatan Hewan,Dinas Peternakan Sidak Hewan Qurban
Pastikan Kesehatan Hewan,Dinas Peternakan Sidak Hewan Qurban
- Advertisement -
loading...

radartvnews.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Bandar Lampung rabu pagi melakukan sidak hewan qurban di Jalan Sultan Agung Bandar Lampung, dalam sidak tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban baik bagian luar atau tubuh maupun bagian dalam atau organ.

Agustini Kepala Dinas Peternakan Kota Bandar Bandar Lampung menuturkan bahwa sejauh ini pengecekan hewan qurban Di Kota Bandar Lampung sudah mencapai 80 persen, pihaknya juga bekerjasama dengan Ikatan Dokter Hewan dan Alumni Sarjana Peternakan Lampung.

Berbagai upaya sudah dilakukan Dinas Peternakan guna mengontrol kesehatan hewan qurban yang nantinya untuk dikonsumsi oleh sejumlah masyarakat untuk saat ini Dinas Peternakan Kota Bandar Lampung telah menyiapkan stok hewan qurban kambing sebanyak 2500 dan 500 hewan qurban sapi,  sementara untuk kebutuhan di Kota Bandar Lampung sendiri, kambing sebanyak 1500 dan sapu sebanyak 500 ekor.

Dirinya juga menambahkan bahwa,  selama pengecekan hewan qurban pasalnya baru terdapat dua hewan yang terkena penyakit sarawan dibibir kambing, namun dengan sigap dokter hewan sudah melakukan perawatan dan kambing tersebut siap untuk dijual kembali.

Salah satu pedagang hewan qurban Sanidar menuturkan bahwa dirinya sangat antusias menyambut kedatangan dari pihak Dinas Peternakan Kota Bandar Lampung yang berkenan melakukan pengecekan hewan qurban,  sebanyak 60 ekor sapi miliknya terbebas dari penyakit mata,gigi,kuku,dan organ lainnya.  Sapi-sapinya saat ini dijual dengan harga 14 sampai 28 juta perekor sesuai dengan berat badan sapi, meski penjualan hewan qurban ditahun ini sedikit menurun namun niatan dirinya untuk berjualan sapi terus ditekunin. (ayu/liza/bowo)