Pelajar dan Mahasiswa Se-Lampung Mendapatkan Pendidikan Bela Negara

Pelajar dan Mahasiswa Se-Lampung Mendapatkan Pendidikan Bela Negara
Pelajar dan Mahasiswa Se-Lampung Mendapatkan Pendidikan Bela Negara

radartvnews.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan sosialisasi Bela Negara di Ruang Aula Dinas Pendidikan Provinsi Lampung , Rabu (26/10/2016).Acara sosialisasi tersebut, turut menghadirkan nara sumber Pejabat Kantor Pertahanan Lampung Kolonel Kaveleri Robert Owen Tampubolon.

Dalam paparannya dihadapan peserta sosialisasi yang berasal dari Mahasiswa dan para pelajar serta para pemuda se – Lampung, Kolonel Kaveleri Robert Owen Tambunan, menjelaskan bahwa bela negara adalah upaya warga negara dalam mempertahankan dan menghadapi serangan terhadap negara secara fisik dan moral.

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang-Undang ” jelasnya.

Menurutnya Bela negara adalah upaya warga negara dalam mempertahankan dan menghadapi serangan terhadap negara secara fisik, sedangkan upaya yang dilakukan secara moral seperti melalui pendidikan, sosial budaya, dan politik merupakan usaha dalam membela negara secara non fisik.

Lebih lanjut Robert Owen Tambunan mengatakan, bahwa hakikat bela negara adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban untuk membela Negara, ujarnya.

Untuk itu kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat menanamkan semangat bela negara pada diri masing-masing dan tumbuh sebagai kekuatan mental.

Maksud kegiatan ini adalah untuk menyatu padukan visi, persepsi dan interpretasi segenap komponen masyarakat bangsa khususnya pemuda, sehingga dapat mewujudkan satu kesatuan tingkah laku dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, jika pemuda sebagai generasi penerus telah tumbuh cinta bangsa dan negara, maka akan ada kebanggaan sebagai cikal bakal untuk masa depan dan tidak mudah terprovokasi dunia luar,” ujar Robert Owen mengakhiri paparannya. (Rls/Min)

loading...