Pemilu 2019 Panen DPT Ganda, TPS Melonjak

Pemilu 2019 Panen DPT Ganda, TPS Melonjak

Radartvnews.com- Berdasarkan hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari masing – masing KPU kabupaten-kota, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung menggelar peleno rekapitulasi DPT tingkat provinsi. Dari 15 kabupaten diketahui jumlah daftar pemilih tetap untuk pemilihan umum 2019 berjumlah 5.914.926 jiwa.

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 146.865 jiwa dari DPT pada Pemilihan Gubernur Lampung 27 juni 2018 lalu dengan jumlah 5.768.061 jiwa.

Komisioner KPU Lampung Pokja Pemuktahiran Data Pemilih Handi Mulyaningsih mengatakan, penambahan data pemilih ini terjadi dari dua aspek yaitu pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun dan pemilih yang baru melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik.

Sementara pada pleno rekapitulasi penetapan DPT yang dilakukan oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Lampung merekomendasikan kepada KPU Lampung terkait banyaknya kegandaan Daftar Pemilih Tetap. Kegandaan  ditemukan di beberapa kabupaten kota dan harus segera diperbaiki oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung.

Diketahui, selain bertambahnya Daftar Pemilih Tetap untuk pemilihan legislative 2019 mendatang jumlah tempat pemungutan suara pun akan bertambah.

Pada Pemilihan Gubernur Lampung lalu, jumlah TPS sebanyak 15.006 sementara untuk pemilihan umum 2019 jumlah TPS meningkat sebanyak 26.171 TPS dengan estimasi masing – masing pada Pilgub lalu satu TPS mampu menampung 500 pemilih sedangkan untuk pemilu 2019 satu TPS akan menampung 300 pemilih.

Dengan banyaknya surat suara berjumlah lima lembar ini akan memakan waktu yang lama bagi satu pemilih menggunakan hak suaranya di dalam TPS.  Penambahan tempat pemungutan suara untuk menghemat waktu dan mengoptimalkan proses pemilihan yang diatur dalam PKPU.(bow/san)