PEMKAB dan DISHUTBUN Siap Sejahterakan Petani Lada di Lampung Timur

PEMKAB dan DISHUTBUN Siap Sejahterakan Petani Lada di Lampung Timur
PEMKAB dan DISHUTBUN Siap Sejahterakan Petani Lada di Lampung Timur

radartvnews.com – Dalam upaya mengembalikan Kejayaan di bidang sektor tanaman lada di Kabupaten Lampung Timur yang merupakan satu – satunya Kabupaten penghasil lada terbesar di Provinsi Lampung Sejak Tahun 1980 dengan luas 9. 873 hektar lahan tanaman lada.

PEMKAB dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lampung Timur sudah menyiapkan anggaran di APBD dan menyiapkan program- program serta bantuan di sektor pupuk  penyuluhan, PEMKAB pun berjanji akan mengembalikan Kejayaan Lampung Timur di sektor budidaya lada.

Perlu diketahui walaupun sempat harga lada dan para petani nya mengalami keterpurukan di Tahun 1999 hingga Tahun 2005 akibat krisis yang melanda yang mengakibatkan harga lada hitam yang semula 60 ribu perkilo turun menjadi 20 hingga 15 ribu perkilo gramnya.

Namun setelah PEMKAB dan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Lampung Timur berupaya akhirnya tahun 2015 hingga 2016 ini 90 persen para petani lada di Lampung Timur siap menargetkan hasil lada khusus nya lada hitam.

Karena Pemerintah Lampung Timur berjanji akan berusaha mengembalikan Kejayaan Lampung Timur di bidang Komoditas lada dan Kesejahteraan untuk para petani lada di Lampung Timur.

Sementara salah satu petani lada Suroso mengatakan sangat berterima kasih atas upaya PEMKAB dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lamtim dalam mensejahterakan petani lada di Lampung Timur.

Suroso merasa kendala utama para petani lada yakni maraknya pencurian lada yang terjadi di Kecamatan Sukadana dan Marga Tiga, hal itu terjadi sejak Tahun 2015 hingga 2016 ini. Dirinya berharap Aparat terkait dalam memberikan rasa aman terhadap petani lada di Lampung Timur.(syam/jef)