Pemkab Kucurkan Dana Bantuan Bagi Korban Puting Beliung

Pemkab Kucurkan Dana Bantuan Bagi Korban Puting Beliung
Pemkab Kucurkan Dana Bantuan Bagi Korban Puting Beliung
- Advertisement -
loading...

radartvnews.com – Sebanyak 58 bangunan rumah warga termasuk dua fasilitas umum berupa Sekolah Dasar dan Tempat Pendidikan Agama (TPA) rusak akibat bencana alam, dimana 58 bangunan yang dinyatakan rusak ini mendapat bantuan setelah petugas melakukan verifikasi dan pendataan.

Bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat yang terkena musibah jumlahnya bervariasi seperti  bangunan yang dikategorikan rusak berat sedang dan rusak ringan.

Untuk rumah permanen yang rusak berat mendapatkan bantuan sebesar 10 juta rupiah perunit, untuk kategori rumah semipermanen nilainya juga berbeda-beda.

Sementara untuk Fasilitas Umum atau Fasum berupa Sekolah, anggaran bantuannya akan disesuaikan dengan dinas terkait melalui ABDP 2016, karena jika menggunakan anggaran tak terduga di Badan Pengelola Keuangan dan aset daerah BPKAD  akan terlalu besar.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengatakan proses pemberian bantuan bagi warga tengah diproses,  bahkan dirinya memastikan bantuan segera disalurkan dalam waktu dekat.

Untuk Sekolahan akan dibantu dari APBD perubahan 2016,  karena  jika mengandalkan anggaran tak terduga tidak akan mencukupi.

Bupati Zainuddin mengaku bila bantuan sedang diproses, bila dananya sudah ada secepatnya bisa segera disalurkan.

Diketahui tiga ruang kelas yang digunakan kelas 1 hingga kelas 3 hancur dengan atap dan plafon jebol, pihak Sekolah menerapkan kebijakan belajar secara bergantian hingga waktu yang belum bisa ditentukan sambil menunggu upaya perbaikan.

Diketahui kerusakan pada tiga unit bangunan di SDN 2 Bandar Agung yang diterjang angin puting beliung satu lokal dipastikan mengalami kerusakan berat dengan kondisi atap dan bagian atas bangunan lain terhempas angin. (ma’i/jef)