Pemkot dan Pegadaian Ubah Sampah Jadi Emas

Pemkot dan Pegadaian Ubah Sampah Jadi Emas

Radartvnews.com- Pemerintah Kota Bandar Lampung bekerjasama dengan PT Pegadaian membagun satu unit bank sampah di lapangan kalpataru, kemiling, Bandar Lampung.

Untuk pertama kali, pembayaran bank sampah menggunakan sistem menabung yang nantinya akan di tukarkan dengan emas. Gerakan ini, diharapkan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah lalu diserahkan ke bank sampah kemudian ditukarkan dengan emas sesuai dengan nilai sampah.

Bank sampah akan memberdayakan masyarakat untuk mendaur ulang sampah. Walikota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, program bank sampah sangat menjanjikan sampah yang dikumpulkan akan di tukarkan  dengan emas.

“harga sampah akan disesuaikan dengan jenis sampahnya, hal ini sangat menjanjikan,” kata Herman HN.

Program bank sampah yang dilakukan PT Pegadaian Lampung ini mempunyai dua misi pertama mengajak masyarakat tertib dalam membuang sampah serta meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

“ini mengajak masyarakat tertib dalam membuang sampah serta meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” kata Eka Febriansyah Kepala Wilayah Bagian III PT Pegadaian.

Dari data Dinas Lingkungan  Hidup Kota Bandar Lampung, di Kota Bandar Lampung telah memiliki dua unit bank sampah ditempatkan di kecamatan kemiling dan sukarame serta TPA bakung. Tercatat hingga saat ini Kota Bandar Lampung menghasilkan 842 ton sampah.((ren/san)