Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Pemprov Lampung Bantu Kemenhub Sukseskan Balik Mudik Gratis Lampung-Jakarta

0
×

Pemprov Lampung Bantu Kemenhub Sukseskan Balik Mudik Gratis Lampung-Jakarta

Share this article
Pemprov Lampung Bantu Kemenhub Sukseskan Balik Mudik Gratis Lampung-Jakarta
Pemprov Lampung Bantu Kemenhub Sukseskan Balik Mudik Gratis Lampung-Jakarta

radartvnews.com – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Polda Lampung, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol)PP membantu program mudik gratis dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Tanjung Priok yang diprogramkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam membantu program tersebut, Pemprov Lampung membuka posko di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung sebagai tempat pendaftaran.

“Alhamdulillah berkat koordinasi ke pusat, Lampung tahun ini mendapat kuota 2.000 tiket balik gratis dari Pelabuhan Panjang. Pemprov membuka posko di Terminal Rajabasa, agar memudahkan pendaftaran. Silakan manfaatkan posko itu agar lebih aman dan nyaman kembali ke Jakarta,” kata Gubernur Ridho di Bandar Lampung.

Di Posko Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Terminal Rajabasa, disediakan 200 tiket bagi yang ingin mendaftar langsung. Selain lewat posko Rajabasa, pemudik juga dapat mendaftar melalui SMS 081293931000 dan contact center Kemenhub 021-191.

Gubernur Ridho berharap pemudik dapat memanfaatkan fasilitas itu, karena selama dalam perjalanan pemudik mendapat dua kali makan gratis. Selain kuota 2.000 tiket itu, disediakan juga kuota 4.000 tiket penumpang. Asumsinya, satu motor ditumpangi minimal dua penumpang, sehingga tiket untuk penumpang disediakan 4.000.

Pantauan di Posko Mudik Pemprov Lampung Terminal Rajabasa, hingga Kamis (29/6/2017) sore, dari kuota 200 tiket gratis yang disediakan, 98 di antaranya dipesan sebagai tiket pulang pergi. “Jadi, sisanya masih ada 102 tiket. Silakan mendaftar melalui Posko Dinas Perhubungan Pemprov Lampung di Terminal Rajabasa. Kalau 102 tiket itu habis, pendaftaran ditutup,” kata Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan.

Rencananya, pemudik akan diberangkatkan dengan KMP Jatra III, pada Minggu (2/7/2017), pukul 17.00. “Pendaftaran dibuka sejak 29 hingga 30 Juni 2017. Bagi pemudik yang terdaftar, silakan langsung menuju Pelabuhan Panjang pada waktu keberangkatan,” kata Qudrotul Ikhwan.

Selain di Terminal Induk Rajabasa, Pemprov Lampung juta membuka posko mudik sejak H-10 hingga H+15 di depan Masjid Agung Al Muhajirin, Jalan Soekarno-Hatta No.2, Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung. Pemilihan lokasi posko ini karena memiliki tempat parkir luas milik Masjid Agung Al Muhajirin. Kemudian, hanya beberapa meter dari RM Trans Jaya 2 dan di depan pusat oleh-oleh khas Lampung. Menurut Qudratul Ikhwan, posko ini sekaligus rest area bagi pemudik.

Di dalamnya ada dua ruang tempat tidur untuk pria dan wanita. Kemudian, televisi, satu set kursi tamu, alat komunikasi, petunjuk perjalanan, dan dispenser air minum. “Tempat tidur pria dan wanita sengaja dipisah agar nyaman beristirahat,” kata Qudratul Ikhwan. (Rls)