Pemprov Lampung Kampanye Imunisasi MR

Pemprov Lampung Kampanye Imunisasi MR

radartvnews.com- Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten / Kota melakukan Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang dipusatkan di lapangan kridayuana hanura, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran (1/8).

Hadir dalam pada pencanangan Kampanye Imunisasi MR Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo, Asisten IV Bidang Pemerintah dan Kesehatan Masyarakat Heri Sulistyo, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana dan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berserta ketua Tp Pkk Pesawaran Nanda Indira Dendi.

Buah hati dari Gubernur Lampung Alisa Ratu Medina Ficardo  diberikan imunisasi MR perdana lalu dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada siswa SD dan SMP di Pesawaran.

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang dibacakan Heri Sulistiyo mengatakan, Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang pulau Sumatera dengan mobilitas penduduk yang tinggi dan merupakan peluang ekonomi sekaligus merupakan tantangan terkait dengan penyebaran berbagai penyakit menular yang berpotensi menjadi kejadian luar biasa atau wabah.

Untuk itu sebagai komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan kontrol rubella atau kecacatan bawaan akibat rubella pada tahun 2020 dan berdasarkan keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomorhk.01.07/menkes/45/2017 tentang pelaksanaan kampanye dan introduksi imunisasi campak rubella maka perlu dilakukan beberapa strategi nasional melalui beberapa kegiatan untuk mewujudkannya.

Rangkaian kesehatan tersebut telah dilakukan pada tahun 2017 dan 2018 dengan tahapan pemberian imunisasi tambahan campak dan rubella dengan melakukan kampanye MR dengan sasaran usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun telah dilaksanakan diawali dipulau jawa termasuk Provinsi Lampung yang masuk dalam frase dua. Selain itu peralihan pemakaian vaksin campak yang selama ini dipakai dalam pelaksanaan dalam imunisasi rutin diganti dengan measles rubella.

Selain itu Provinsi Lampung mempunyai sasaran yang harus diimunisasi sebanyak 2.237.041 anak yang merupakan sasaran terbesar ke empat di Indonesia. Untuk itu dirinya berharap adanya peran masyarakat organisasi profesi tokah masyarakt dan peran aktif semua pihak sehingga target pelaksanaan imunisasi rubella dapat tercapai.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo mengimbau seluruh orang tua yang memiliki anak usia dari Paud, TK, SD dan SMP untuk mendapatkan imunisasi MR pada bulan agustus hingga septembeer2018.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menambahkan agar seluruh element termasuk masyarakat dapat menyosialisasikan bahwa imunisasi campak dan rubella diberikan secara gratis. Sehingga Pemerintah Pusat dan Provinsi hingga kabupaten/kota sampai jajaran dan fasilitas layanan kesehatan bersinergi untuk menyosialisasikan ke sekolah dan faskes yang ada.(win/san)