Pemprov Lampung Resmikan Lembaga Untuk Meningkatkan Kompetensi Bisnis Pariwisata

Pemprov Lampung Resmikan Lembaga Untuk Meningkatkan Kompetensi
Dalam acara launching Lembaga Sertivikasi Profesi Pariwisata RAFFLESIA Provinsi Lampung (foto: humas pemprov lampung)

radartvnews.com – Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap Peresmian Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSPP) Raflesia dapat meningkatkan kompetensi para pelaku Pariwisata di Provinsi Lampung untuk bersaing dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean. Demikian disampaikan oleh Asisten Bidang Ekbang Adeham dalam acara Peresmian LSPP Raflesia di Hotel Emersia, Jumat (19/08/2016).

Diinformasikan oleh Kabag Humas Pemprov. Lampung Heriyansyah, dalam sambutan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekbang Adeham menjelaskan bahwa Provinsi Lampung sebagai salah satu destinasi pariwisata memiliki potensi yang sangat besar baik wisata alam maupun budaya.

Untuk itu, pihaknya berharap dapat melibatkan partisipasi banyak pihak dalam pengembangannya sehingga sektor pariwisata dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi daerah dan masyarakat di Provinsi Lampung.

“Oleh karena itu, sangat diharapkan pemahaman bagi seluruh komponen masyarakat terhadap arti pentingnya pembangunan pariwisata bagi pembangunan Provinsi Lampung sehingga mampu berperan serta aktif dalam semua kegiatan kepariwisataan”, jelasnya.

Lebih lanjut Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo melalu Asisten Bidang Ekbang Adeham mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik peresmian LSPP Raflesia yang merupakan lembaga ke-3 se-Sumatera ini sebagai wahana untuk melakukan pengujian kompetensi diri bagi pekerja di sektor pariwisata.

“Kami juga berharap LSPP Raflesia dapat bekerja professional dan objektif dalam melakukan sertifikasi sehingga pekerja yang mengikuti sertifikasi adalah bener-benar memiliki kompetensi yang baik dan berdaya saing”, ujarnya.

Sementara ASDEP Pengembangan SDM Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan bahwa pihaknya berharap seluruh pihak baik pemerintah maupun stakeholder terkait dapat saling bekerjasama dan berkoordinasi dalam rangka memajukan sektor pariwasata di Provinsi Lampung.

Menurutnya, hal ini dikarenakan kegiatan pariwisata memberikan sumbangan yang sangat bersar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebuah daerah dan diharapkan dapat membawa multiplier effect bagi sektor lainnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah menjelaskan bahwa dalam acara ini turut hadir Wakil Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar, Anggota Fokorpimda, Para Pimpinan Industri Pariwisata serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/Min)