Pemprov Perhatikan Bangunan Tahan Gempa

Pemprov Perhatikan Bangunan Tahan Gempa

Radartvnews.com- Bencana alam seperti gempa memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi, namun masyarakat bisa meminimalisirnya dengan memperhatikan bangunan dan gedung tinggi yang dibangun harus bisa tahan gempa.

Kementerian PUPR mendorong untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan. Kepala Pusat dan Evaluasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR Iwan Nurwanto mengatakan PUPR dan instansi terkait mempunyai peta gempa hal itu harus diwaspadai.

“apalagi negara indonesia merupakan daerah yang rawan bencana oleh karenanya, saat pembangunan gedung harus memperhatikan standar bangunan yang memiliki tahan gempa,” kata Iwan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Lampung  melalui Taufik Hidayat Plt Asisten Ekobang, menyatakan bahwa sudah ada aturan untuk membangun suatu bangunan seperti gedung namun masyarakat masih belum peduli dengan hal itu. Disatu sisi untuk membangun bangunan yang tahan gempa juga biaya lebih tinggi hal itu menjadi salah satu permasalahan.

“sudah ada aturan untuk membangun suatu bangunan seperti gedung namun masyarakat masih belum peduli dengan hal itu,” kata Taufik.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut Kementerian PUPR, senin pagi (8/10) melakukan rapat koordinasi penyusunan sinkronisasi program dan pembiayaan pembangunan tahun 2020 dan jangka pendek 2021-2023  serta  keterpaduan pengembangan kawasan dengan infrastruktur PUPR, di Swisbell Hotel, Bandar Lampung.(lih/san)