Pilkada Serentak 2020, Logistik 104 Kecamatan Terganggu

31
Bawaslu Provinsi Lampung mengidentifikasi sebanyak 104 kecamatan yang ada di delapan kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak 2020 mengalami blank spot

Radartvnews.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mengidentifikasi sebanyak 104 kecamatan yang ada di delapan kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak 2020 mengalami blank spot atau tidak terjangkau oleh sinyal seluler serta rawan bencana.

Hal ini akan menjadi kendala khususnya dalam tahapan pendistribusian logistik dan tahapan pemungutan serta penghitungan suara. Daerah yang mengalami blank spot terparah ada di Lampung Tengah dan Lampung Timur yakni sebanyak 24 kecamatan.

Komisioner Bawaslu Lampung Divisi Pengawasan Iskardo P Panggar mengatakan blank spot maupun rawan bencana harus menjadi perhatian serius bagi penyelenggara pemilu khususnya bagi Pemerintah Daerah. Sebab, jika dibiarkan hal ini akan menjadi kendala.

“Daerah blank spot tentu akan berpotensi tidak adanya komunikasi paling tidak ada seratus dareha blank spot,” kata Iskardo P Panggar.

Sementara itu berdasarkan data kota bandar lampung yang notabene merupakan ibukota Provinsi Lampung juga terdapat enam kecamatan yang teridentifikasi mengalami blank spot. Delapan kabupaten yang kecamatannya mengalami blank spot yaitu Lampung Tengah ada 24 kecamatan, Lampung Timur 24 kecamatan, Lampung Selatan 15 kecamatan, Waykanan 14 kecamatan, Pesisir Barat 11 kecamatan, Pesawaran 10 kecamatan, Bandar Lampung ada 6 Kecamatan, Metro 0 Kecamatan.(tim/san)