Pleno DPTb 2, DPT Lampung Tetap

Pleno DPTb 2, DPT Lampung Tetap

Radartvnews.com- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung menggelar pleno penetepan Daftar Pemilih Tetap Pindahan Pemilu. Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih menyebut dalam pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tak merubah data pemilih yang telah ditetapkan.

Sementara, dalam data DPTb tahap dua yang ditetapkan, pemilih yang melakukan pengurusan masuk dalam DPTb dari daerah asal sebanyak 2.866 pemilih dengan rincian 1.760 laki-laki dan 1.106 perempuan ini tersebar di 932 TPS, 481 kelurahan, 163 kecamatan di 15 kabupaten kota.

Kemudian pemilih yang masuk mengurus di daerah tujuan sebanyak 6.393 pemilih dengan rincian 4.061 pemilih laki-laki dan 2.332 pemilih perempuan. Ini tersebar di 1.139 TPS, 518 kelurahan, di 156 kecamatan di 15 kabupaten/kota se lampung maka total yang mengurus masuk 9.259 pemilih.

Dalam penetapan DPTb 2 ini, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Lampung melakukan pengawasan melekat mulai dari tingkat kecamatan hingga pleno tingkat Provinsi Lampung. Sejauh ini bawaslu belum menemukan daftar pemilih yang mencurigakan.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap maupun daftar pemilih tambahan diperbolehkan mencoblos dengan membawa kartu tanda penduduk elektronik. Ini disampaikan langsung oleh Komisioner KPU Lampung Pokja Pemukhtahiran Data Pemilih Handi Mulyaningsih.

Namun, bagi pemilih yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada hari H pencoblosan baru di perbolehkan pada pukul 12 sampai pukul 1 siang. Setelah seluruh mata pilih di satu TPS menggunakan hak suaranya.(bow/san)