Prestasi Jeblok, PON Jadi Target Khayalan Baru KONI

Radartvnews.com – Kegagalan di Porwil Sumatera harusnya jadi cambuk untuk pembenahan prestasi olahraga Lampung. Alih-laih mengevaluasi, Komite Olahraga Nasional Lampung malah berdalih Porwil bukan tujuan utama.

Mirisnya, target 5 besar Porwil yang dicanangkan tak tercapai, kini Koni punya target khayalan baru yakni 10 besar PON 2020 mendatang.

Meski Lampung mampu meraih 12 dari 9 medali emas yang ditargetkan, serta menempati posisi ke tujuh dari 10 Provinsi yang berpartisipasi, dalam pelaksanaan Porwil Sumatera 2019 di Bengkulu, namun hasil tersebut bukanlah tujuan prestasi bagi Koni Lampung melainkan PON Papua 2020.

Meski demikian, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, secara keseluruhan akan segera mengevaluasi para atlet dari semua cabang olahraga, sebagai pembelajaran menghadapi PON 2020, mengingat target Lampung adalah masuk 10 besar Nasional.

Sementara itu Wakil Ketua Umum, Bidang Pembinaan Prestasi dan Sport Science Koni Lampung, Frans Nurseto menyampaikan, Porwil ini bukan acuan untuk meraih medali di pon mendatang karena cabang olahraga yang dipertandingkan diporwil, bukanlah cabor andalan Lampung, seperti angkat besi, angkat berat, menembak, senam dan karate.

Selain itu dalam Porwil lalu dari 10 Provinsi yang mengikuti hampir seluruhnya menggunakan atlet dari Pulau Jawa, sehingga raihan medalinya tidak bisa menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan //

Diketahui dalam Porwil Sumatera ke 10 tahun 2019, Lampung berhasil meraih 12 medali emas, 13 perak dan 25 perunggu. Perolehan itu mengantarkan Lampung menempati urutan ke tuju dari sepuluh 10 Provinsi yang berpartisipasi.(kuh, bow, rie)