Provinsi Lampung Masih Banyak Desa Tertinggal

Provinsi Lampung Masih Banyak Desa Tertinggal
Provinsi Lampung Masih Banyak Desa Tertinggal

radartvnews.com – Diskusi sosialisasi kebangsaan dengan tema gerbang desa menuju ketahanan ekonomi Lampung dan penguatan NKRI digelar di Gedung Global Surya Jumat siang. Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh anggota MPR RI Andi Surya, Komandan Korem 043 Gatam Kolonel (KAV) Supriyatna, anggota DPRD Tony Eka Chandra, Ketua Perabiz Lampung Ardiansyah, Kepala Bappeda Lampung Taufik Hidayat dan beberapa narasumber dan kontributor lainnya.

Dalam diskusi yang di hadiri oleh kepala Bappeda Lampung, Taufik Hidayat memaparkan bahwa berdasarkan catatan administrasi kependudukan badan perencanaan pembangunan daerah Provinsi Lampung, jumlah penduduk di Provinsi Lampung mencapai 9,5 juta jiwa dimana 71 persennya merupakan masyarakat desa, dari jumlah tersebut 35 persen penduduk di Lampung masih dibawah garis kemiskinan. Hal ini juga diperkuat dengan angka indeks pembangunan manusia Lampung yang jauh dibawah angka nasional.

Taufik juga mengatakan bahwa sekitar 380 desa di Lampung masuk dalam kategori desa tertinggal, dimana 100 desa diantaranya berada di Kabupaten Tanggamus. Indikator desa tertinggal tersebut yakni minimnya prasarana dasar seperti listrik, air minum, dan jalan, serta sarana transportasi, lingkungan, kondisi sosial ekonomi masyarakat yang jauh dari kata sejahtera.

Sementara itu Ketua Perabiz Lampung, Ardiansyah mengatakan mustahil jika ditahun 2018 mendatang Provinsi Lampung bebas dari kemiskinan jika hanya mengandalkan program gerbang desa dari pemerintah daerah saja, menurutnya perlu ada kerjasama atau peran serta dari pihak swasta dalam membantu mengatasi masih banyaknya desa tertinggal dan menyejahterakan masyarakat Lampung.(liz/ayu/bowo)