Pusat Alutsista Lampung Terganjal Lahan, Ini Solusi Ridho

Pusat Alutsista Lampung Terganjal Lahan, Ini Solusi Ridho

radartvnews.com- Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menawarkan perusahaan industri pesawat terbang yakni PT Dirgantara Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat untuk dipindahkan ke Lampung tepatnya di Lanud AU Astra Ksetra atau yang sekarang berubah nama menjadi Lanud Pangeran M Bunyamin yang berada di Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

Opsi tersebut ditawarkan Gubernur, sebab kawasan Lanud AU Astra Ksetra memiliki lahan yang strategis yakni seluas tiga ribu hektare dan berada di dekat Jalan Tol Trans Sumatera. Saat ini menurut ridho lahan di kawasan Lanud Au Astra Ksetra disewakan sebagai lahan kebun singkong.

“kawasan Lanud AU Astra Ksetra memiliki lahan strategis seluas tiga ribu hektare dekat Jalan Tol Trans Sumatera, sekarang cuma disewa untuk lahan singkong,” kata Ridho.

Orang nomor satu di Provinsi Lampung ini juga mengatakan, bahwa di Lanud AU Astra Ksetra selain lahan yang luas juga sudah memiliki landasan serta struktur maupun sebagian Sumber Daya Manusia (SDM) tersedia.

Bahkan jika PT DI berpindah ke Menggala, pihaknya juga menawarkan akan membangun sekolah pilot dan industri pendukung PT DI, kemudian Litbang Angkatan Udara juga di pindahkan serta Lanud dinaikan tipe menjadi Tipe B.

“jika PT DI berpindah ke Menggala, kita tawarkan untuk membangun sekolahan pilot dan industri pendukung,” ungkap Ridho saat melakukan audiensi dengan  Radar Lampung TV.

Diketahui, sebelumnya pemerintah pusat berencana memindahkan perusahaan industri pertahanan dan Alutsista Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) seperti PT Pindad, PT PAL,  maupun PT DI dipindahkan ke Lampung.  Kabupaten Tanggamus digadang- gadang menjadi pusat kawasan industri maritim, namun sampai saat ini wacana tersebut masih dalam proses pembahasan.(lih/san)