Pustu Tak Strategis, Pelayanan Dikeluhkan

radartvnews.cm- Puskesmas Pembantu ( Pustu ) kelurahan keteguhan, teluk betung timur, bandar lampung yang berada di jalan rs kusuma yuda ini terlihat tak strategis. Pustu tak terlihat karena berada di bawah jalan.

Dari pantauan radartvnews  kondisi puskesmas pembantu terlihat sepi hanya ada terlihat tiga orang tenaga kerja, padahal di gedung puskesmas pembantu ini ada sekitar tujuh ruangan.

Kepala Pustu Wibisono saat di konfirmasi terkait hal ini menyatakan bahwa pihaknya tak bisa berbuat banyak terkait kondisi puskesmas pembantu ini.

“saya telah mengusulkan agar gedung puskesmas pembantu ini disetarakan dengan tanah yang berada di pinggir jalan  agar bangunannya terlihat,” kata Wibisono.

Pemerintah Kota Bandar Lampung justru hanya melakukan renovasi gedung di tahun 2014 lalu, tetapi bangunannya tak disetarakan dengan tanah yang berada di pinggir jalan.

Salah satu bidan yang bertugas di puskesmas pembantu ini Tria Desma mengatakan, bahwa untuk peralatan medis serta obat obatan di puskesmas pembantu ini memang tak lengkap karena puskesmas ini sifatnya hanya membantu dari puskesmas induk.

“dalam sehari pasien yang datang ke puskesmas ini tak terlalu ramai hanya sekitar 5 sampai 6 pasien jika terdapat pasien yang mengalami sakit berat maka pihaknya segera merujuk ke puskesmas induk ,” ujar Tria.

Sebelumnya , pelayanan kesehatan di puskesmas pembantu ini dikeluhkan oleh seorang  warga. Keluhan itu dilontarkan melalui akun facebook bernama  Syah Andrian yang mengirim foto foto gedung puskesmas pembantu serta tulisan keluhannya di salah satu grup facebook. Dalam  tulisannya tersebut  ia mengeluhkan pelayanan puskesmas pembantu yang tak ada orang saat dirinya hendak berobat.(lih/san)