Home Berita Lampung Rapat Calon KIP Publik Dikebut

Rapat Calon KIP Publik Dikebut

Komisi I DPRD Provinsi Lampung telah menyelesaikan proses fit and proper test 15 calon kandidat Komisioner Komisi Informasi Publik

Radartvnews.com- Komisi I DPRD Provinsi Lampung telah menyelesaikan proses fit and proper test 15 calon kandidat Komisioner Komisi Informasi Publik. Hasilnya telah dilaporkan ke pimpinan DPRD Provinsi Lampung (15/1).

Wakil ketua I DPRD Provinsi Lampung Ely Wahyuni mengatakan, dalam minggu ini lima unsur pimpinan akan menggelar rapat pimpinan untuk meligitimasi lima calon komisioner yang memiliki nilai terbaik.

Pimpinan DPRD tidak bisa melakukan intervensi hasil fit and proper tes yang telah di lakukan oleh komisi satu. Artinya siapapun nanti yang akan di kukuhkan di nilai memiliki kapasitas sebagai penyambung informasi dari pemerintah kepada masyarakat.

“segera diumumkan nanti pimpinan yang mengumumkan, kita pimpinan tidak bisa melakukan intervensi,” ujar Ely Wahyuni.

Sementara Ketua Komisi I Yozi Rizal mengatakan, dalam fit and proper test seluruh calon memiliki nilai yang hampir merata. Komisi satu mengedepankan pengetahuan kearifan lokal Provinsi Lampung yang dalam fit and proper test menyumbang nilai 25. Ia juga berharap secepatnya pimpinan DPRD menggelar rapat pimpinan memutuskan lima nama komisioner terpilih.


“kita susun berdasarkan pringkat nilai, semuanya hampir sama yang ikut tes namun persaingan sangat ketat,” imbuh Yozi Rizal.

Lima kandidat yang meraih nilai tertinggi berasal dari kalangan akademisi dan mantan birokrat, ada juga beberapa kandidat yang berasal dari kalamgan jurnalis.(bow/san)