Ratusan Hektar Lahan TNBBS Terbakar

Persitiwa Kebarakaran Lahan terjadi di sekitar Danau Asam yang masuk dalam Wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Peratin Pekon Sukamarga, Ahim Abdiani, S.Kom.I membenarkan peristiwa kebakaran ini. Pihaknya langsung Berkoordinasi dengan Satgas Penangulangan Bencana Tingkat Pekon, Polisi Kehutanan, Babinsa dan Warga Serta Pihak terkait lainnya  langsung menuju lokasi dan melakukan Upaya Pemadaman.

Upaya pemadaman dilakukan dengan cara manual menggunakan selang, tank semprotan dan alat seadanya. Upaya lainnya yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyekatan, dimana di lokasi belukar yang belum terbakar dibersihkan agar api tidak merembet dan meluas. Atas kejadian ini, Ahim mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok secara sembarang, mengingat saat ini musim kemarau sehingga belukar akan mudah terbakar.

Sementara itu, Kepala Resort TNBBS Suoh Sulki mengatakan, Untuk sementara, lahan belukar yang terbakar sekitar100 hektar dan kemungkinan jumlahnya bertambah, ini mengingat sampai sore hari api terus membesar dan merembet kebagian lainnya. (Tim Liputan Lampung Barat/Wo)