Ratusan Hektar Sawah Dipastikan Gagal Panen

Ratusan Hektar Sawah Dipastikan Gagal Panen
Ratusan Hektar Sawah Dipastikan Gagal Panen

radartvnews.com – Dinas Pertanian Pesawaran bersama Perwakilan Dirjen Tanaman Pangan tim khusus padi kedele jagung Provinsi Lampung, rabu siang meninjau beberapa titik sawah yang terendam banjir. Guna untuk melihat langsung dan mendata daerah mana saja yang berdampak fuso atau gagal panen.

Dari hasil data sementara Dinas Pertanian Pesawaran sekitar 600 hektare sawah dipastikan gagal panen yang tersebar di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Waylima, Kedondong  dan Kecamatan Waykhilau. Kabid Tanaman Pangan Budi Wirawan mengatakan sejak terjadinya banjir yang melanda 9 kecamatan di Pesawaran pada hari Selasa kemarin pihaknya telah turun kelapangan untuk melihat langsung kondisi mana saja yang berdampak fuso,  karena dari bencana banjir tersebut ada yang berdampak fuso atau hanya air lewat.

Sementara Perwakilan Dirjen Tanaman Pangan tim khusus padi kedele jagung Provinsi Lampung Heri Agung, mengatakan Dirjen Holtikultura telah memerintahkan tim khusus untuk meninjau langsung banjir yang melanda Pesawaran untuk mendata luasan sawah yang mengalami fuso untuk diberikan bantuan benih cadangan nasional untuk petani.

Selain itu, menurut Heri kompensasi yang diberikan pemerintahan melalui cadangan benih nasional yakni berupa bantuan benih dari pemerintah kepada petani yang lahannya mengalami fuso per hektare sebesar 25 kg padi hybrida.

Selain bantuan benih yang akan diberikan kepada petani juga akan memberikan bantuan alat-alat mesin pertanian untuk mempercepat proses tanam.(bow/win)