Satu Keluarga Edarkan Uang Palsu

Inilah rekaman video amatir yang sempat direkam warga, saat ke empat orang pelaku pengedar uang palsu diamankan di kacamatan Way Ratai Pesawaran. Beruntung polisi tiba dilokasi cepat mengevakuasi para pelaku ke kantor polisi, guna menghindari aksi anarkis warga yang kesal dengan aksi ke empat pelaku.

Ke empat pelaku yang berhasil diamankan warga ini, berinisial H-S 26 tahun, H-M 24 tahun, J-D 30 tahun, serta S-N 17 tahun yang merupakan satu keluarga dan tercatat sebagai warga kecamatan Pubian Lampung Tengah. Menurut polisi, modus yang dilakukan para pelaku ini dengan cara menggandakan uang asli berbagai pecahan menggunakan mesin printer. Setelah uang palsu tercetak, para pelaku berkeliling menggunakan sebuah mobil untuk berbelanja kebutuhan pokok rumah tangga.

Pelaku berdalih jika aksi nekadnya berbelanja menggunakan uang palsu, karena terhimpit kebutuhan ekonomi serta tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Bahkan pelaku mengaku uang palsu berbagai pecahan tersebut, diedarkan di sejumlah pasar tradisional di wilayah kabupaten Pesawaran dan Lampung Utara.

Selain berhasil mengamankan para pelaku pengedar uang palsu ini, polisi juga turut menyita sejumlah barang bukti berupa, puluhan lembar uang palsu berbagai pecahan, ratusan ribu uang asli dan belasan bungkus rokok hasil kejahatan, satu unit mobil pick up, serta satu buah mesin printer untuk mencetak uang palsu.

(Win/Bow)

Menurut Kamu Bagaimana