Sekolah Mulai Input Data Siswa Penerima KIP

Sekolah Mulai Input Data Siswa Penerima KIP
Sekolah Mulai Input Data Siswa Penerima KIP

radartvnews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali meminta seluruh sekolah untuk segera mendata siswa yang sudah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar ke Daftar Pokok Pendidik dan Siswa. Hal ini dilakukan agar siswa pemegang KIP bisa segera menikmati manfaat dana program tersebut. Berdasarkan hasil pantauan ke sejumlah sekolah yang ada di Kota Bandar Lampung, sudah 50 persen input data selesai dilakukan.

Seperti yang disampaikan operator input data di SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Rizki Wijaya bahwa berdasarkan berkas yang masuk siswa pemegang KIP yang menyerahkan berkas ada sekitar 304 orang dari jumlah tersebut sudah 50 persen input data dilakukan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Bandar Lampung, Ratnasari mengatakan bahwa banyak orangtua siswa yang belum mengetahui sehingga banyak yang terlambat mengumpulkan berkas. Meski demikian, sudah sekitar 70 persen dari 150 berkas masuk yang selesai di input ke dalam Dapodik. Selanjutnya, setelah input data selesai pihak sekolah akan menyerahkan ke Dinas Pendidikan untuk diteruskan ke pusat.

Ratna menjelaskan setelah disetujui pusat, pihak sekolah akan memberikan surat pengantar pencairan di bank kepada siswa. Untuk SMP, dana yang diberikan sebesar 350 ribu per orang.

Sebelumnya diketahui input data di Dapodik hanya sampai tanggal 31 Agustus atau masih tersisa waktu sebelas hari lagi, apabila lewat tanggal tersebut KIP-nya akan dikembalikan ke Kemdikbud.(liza/bowo)

loading...