Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Setelah India, Tuberculosis Serang Indonesia

0
×

Setelah India, Tuberculosis Serang Indonesia

Share this article
Indonesia Peringkat Dua Penyebaran Tuberculosis Setelah India

radartvnews.com- Kesehatan tak ternilai harganya, hal ini harus diperhatikan bagi setiap insan manusia. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah tuberculosis (  TB ) penyakit gangguan pernafasan dan paru-paru  kini berkambang pesat di Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia DR.dr Nila Farid Moeloek dalam kunjungan ke Provinsi Lampung (3/4) menjelaskan, isu kesehatan yang menjadi prioritas utama saat ini untuk menjamin kesehatan di masyarakat , salah satunya penanggulangan penyakit tuberculosis.

“isu kesehatan yang menjadi prioritas utama saat ini untuk menjamin kesehatan di masyarakat , salah satunya penanggulangan penyakit tuberculosis,” ujar Nila.

Indonesia menjadi peringkat ke dua dunia pertumbuhan penyakit tumberculosis setelah India. Hal ini disebabkan minimnya pelaporan dari puskesmas dalam pendataan terhadap lingkungan.

“pertumbuhan tumberculosis mencapai 34 % setelah dilakukan penilitian di rumah sakit, petugas rumah sakit dan puskemas hanya hanya melakukan pendatan tidak melaporkan kepada dinas kesehatan,” imbuh Nila.

Dinas Kesehatan kabupaten-kota diminta lebih memperhatikan dan pendataan kemasyarakat serta melaporkan kepada Kementerian Pusat  terkait tuberculosis.(ren/san)