Setop Atribut Aneh, Larang Alumni Terlibat

Setop Atribut Aneh, Larang Alumni Terlibat
Setop Atribut Aneh, Larang Alumni Terlibat

radartvnews.com – Pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) atau sekarang yang disebut dengan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru jenjang SMA/SMK mulai digelar hari ini hingga tiga hari kedepan.

Berdarkan pantauan disejumlah sekolah, kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) dimulai sejak pukul 08.00 pagi.

Kepala sekolah SMA Negeri 9 Bandar Lampung, Suharto mengatakan bahwa, masa pengenalan sekolah bagi siswa baru ini diikuti oleh 288 siswa yang terbagi dalam 10 rombongan belajar.

Sesuai dengan pedoman Masa Orientasi Siswa (MOS) ini yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Melalui peraturan Menteri nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah, istilah MOS digantikan dengan nama pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Dengan adanya perubahan nama tersebut, diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat luas mengenai pelaksanaan MOS dahulu yang dikenal dengan banyaknya perpeloncoan dan banyak terjadi pelanggaran.

Suharto memastikan bahwa dalam kegiatan ini, seluruh panitia adalah guru. Namun, pihaknya tidak menampik jika masih melibatkan osis.

Menurutnya, anggota osis hanya berperan untuk membantu melakukan pengawasan. Pihaknya juga sudah menekankan agar siswa baru tidak diperkenankan menggunakan atribut aneh diluar ketentuan.

Kegiatan orientasi ini hanya diisi oleh guru dan juga anggota kepolisian juga BNN yang memberikan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba. (liz/rie)