Setop Islamophobia. Larang cadar, Menag Offside

Radartvnews.com – Menteri Agama Fachrul Razi berencana melarang pengguna niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah ini domain Majelis Ulama Indonesia bukan ranah Menteri Agama. Dalihnya, merujuk keamanan usai penusukan mantan Menkopolhukam Wiranto. Pernyataan ini mengundang kecaman beberapa partai politik di Lampung, PKS dan Pdi Perjuangan.

Sekretaris DPW PKS Lampung Ade Utami Ibnu mengatakan, seharusnya Menteri Agama bekerja secara profesional dan tidak mengeluarkan wacana yang membuat masyarakat gaduh. Fachrul Razi harusnya bisa menjamin kegiatan keagamaan seluruh umat berjalan dengan baik, bukan membangun stigma yang buruk terhadap islam.

Sementara, wakil ketua bidang infokom Pdi Perjuangan Lampung, Yanuar Irawan mengaku kaget dengan wacana yang dibangun Menteri Agama terkait larangan niqab dan celana cingkrang di instansi pemerintah.

Jika alasan keamanan pasca penusukan mantan Menkopolhukam Wiranto di jadikan tolak ukur, itu merupakan pemikiran yang salah. wacana yang di lontarkan harus melalui kajian mendalam, jangan sampai persoalan ini menjadi bomerang bagi pemerintah sendiri.

Diketahui mantan Wakil Panglima TNI itu menyebut penggunaan niqab hanya budaya beberapa suku di Arab Saudi yang sudah mulai ditinggalkan, saat ini, klaimnya. Pengguna niqab lebih banyak di Indonesia, bahkan secara ekstrem ia menegaskan tak ada aturan jelas tentang kewajiban memakai cadar alias niqab.(bow/rie)