Shalat Idul Adha Di Saburai Tanpa Gubernur

Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini di Lapangan Saburai sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Jika biasanya Shalat Ied dihadiri oleh Gubernur Lampung bersama jajarannya, namun pada pelaksanaan Shalat Idul Adha tak dihadiri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Dari informasi yang didapat, Gubernur Arinal Djunaidi melaksanakan Salat Ied di Kabupaten Lampung Tengah yakni di Masjid Istiqlal, Terbanggi Besar. Arinal melaksanakan Salat Ied disana sekaligus menyerahkan bantuan hewan kurban sapi dari presiden RI Joko Widodo.

Meski tanpa kehadiran Gubernur, Shalat Ied tetap berlangsung khusyuk, masyarakat juga memadati Lapangan Saburai. Shalat Ied dilaksanakan tepat pukul 07.00 wib di Imami oleh H.Hasbuna.

Usai Salat Ied ini, Khatib Nadirsah Hawari memberikan ceramahnya, ada empat hikmah yang disampaikan. Mulai dari meninggalkan yang haram dan melakukan yang halal hingga bergerak untuk kebaikan dengan berkurban.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Suhaili mengatakan, momen Perayaan Hari Raya Idul Adha dapat dipahami dengan baik dan mencontoh Tauladan Nabi Ibrahim.  

Usai Salat Ied dan mendengarkan khutbah, masyarakat saling bersalaman sebagai simbol saling memaaafkan. (gal)