Shortcut KA Babaranjang Batal, Dikaji Lama Dicampakkan Pusat

Shortcut KA Babaranjang Batal, Dikaji lama dicampakkan pusat

radartvnews.com- Pemerintah Provinsi Lampung telah merencanakan akan membangun shortcut jalur khusus Kereta Api (KA) babaranjang di awal tahun 2019 mendatang. Namun, nampaknya Pemprov harus gigit jari pasalnya rencana pembangunan batal terealisasi di tahun 2019 awal.

Hal ini dikarenakan pemerintah pusat tak menganggarkan di apbn 2019 untuk pembangunan shortcut sepanjang 40 kilometer dengan ruas Tegineneng- hingga Tarahan Lampung Selatan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan akan mencari opsi lain agar pembangunan shortcut jalur  babaranjang tersebut bisa tetap dilakukan di awal tahun 2019.

“Ada opsi diantaranya akan menggandeng pihak swasta dan bekerja sama  dengan PT KAI, pembangunan shortcut itu membutuhkan anggaran kurang lebih satu triliun,” kata Qodratul.

Pembangunan shortcut jalur khusus KA babaranjang bertujuan guna meminimalisir terjadinya kepadatan lalu lintas khususnya di Kota Bandar Lampung karena seringnya kereta babaranjang melintas. Nantinya dengan adanya jalur khusus tersebut maka kereta api babaranjang tidak lagi melintasi di dalam Kota Bandar Lampung.(lih/san)