Siap-Siap, 2019 SNMPTN Berubah

Siap-Siap, 2019 SNMPTN Berubah

Radartvnews.com- Meski belum memasuki tahun ajaran baru 2019-2020 namun Kemenristekdikti telah menetapkan kebijakan terkait perubahan proses seleksi masuk Perguruan Tinggi. Kebijakan tersebut merupakan pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dengan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel serta efisien yang sesuai dengan perkembangan teknologi diera digital.

Perubahan pola yakni sebelum calon mahasiswa mengikuti SMPTN terlebih dahulu harus mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh LTMPT yang merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk perguruan tinggi  bagi calon mahasiswa baru.

Adapun fungsi dari LTMPT sendiri adalah mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur snmptn dan  SBMPTN oleh Rektor PTN serta melaksanakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK)

Sementara pola seleksi masuk PTN tahun 2019 akan dilaksanakan melalui tiga jalur diantaranya. SNMPTN dengan daya tampung minimal 20 persen, sbmptn minimal  40 persen, SMMPTN maksimal 30 persen dari tiap prodi di PTN. Selain itu semua pelaksanaan-nya hanya menggunakan 1metode tes  yakni UTBK karena metode ujian berbasis cetak ditiadakan.

Rektor Unila Hasriadi Mat Akin menyampaikan, sistem masuk ke PTN tahun depan peserta harus memiliki hasil tes dari LTMPT untuk mengukur kemampuan dan kapasitas peserta dalam memilih PTN. Sehingga dengan adanya pola ini peserta sudah bisa mengukur ptn mana akan dipilihnya.

Selain itu penerapan pola ini mempermudah perguruan tinggi dalam melakukan seleksi namun untuk materi tes tidak mengalami perubahan.(krp/san)