Sistem Ekonomi Syariah Solusi Untuk Krisis Keuangan Global

Sistem Ekonomi Syariah Solusi Untuk Krisis Keuangan Global
Sistem Ekonomi Syariah Solusi Untuk Krisis Keuangan Global

radartvnews.com – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berharap sistem ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi salah satu solusi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Lampung dan mencegah terjadinya krisis keuangan global. Demikian disampaikan ketika membuka acara Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah (Flash), Kamis (17/11) Malam di Mall Bumi Kedaton, Bandar Lampung.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung menyampaikan bahwa Festival Lampung Syariah (flash) 2016 merupakan salah satu upaya untuk mengurangi atau mencegah terjadinya krisis global. Apalagi dengan kondisi demografi Indonesia dimana sebagian besar penduduknya beragama Islam dan terbesar di dunia.

Dengan demikian pihaknya menilai bahwa sistem syariah ini sangat cocok untuk negara Indonesia dan diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi baik secara regional maupun nasional.

Lebih lanjut Gubernur Lampung menghimbau agar masyarakat di Provinsi Lampung untuk lebih jeli lagi dalam melihat potensi pasar dalam rangka membantu pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

“Bisnis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus dibantu dengan target-target dan management syariah juga, karena sistem ekonomi syariah lebih memiliki daya tahan dan keuletan yang lebih tinggi dari sistem konvensional dalam keadaan krisis”, jelasnya.

Melalui festival lampung syariah (flash) 2016 ini gubernur berharap dapat tercipta koordinasi dan sinegritas serta persamaan persepsi dalam upaya mengenalkan berbagai produk dan jasa syariah serta dapat berkontribusi dan berperan lebih aktif dalam pengembangan ekonomi syariah di Provinsi Lampung.

Selanjutnya Perwakilan Direktur BI Arief Hartawan menyampaikan ditengah dinamika perekonomian global dan tantangan ekonomi domestik yang masih terus berlangsung, Lampung patut bersyukur bahwa kinerja perekonomian Lampung masih terkelola dengan baik. Bahkan di pulau Sumatera perekonomian Lampung masih unggul diposisi ke-2 setelah Sumatera Utara.

Untuk itu pihaknya berharap dengan diselenggarakannya festival ekonomi syariah ini mampu menginspirasi masyarakat untuk menjadikan sistem ekonomi syariah menjadi solusi untuk mengurangi atau mencegah terjadinya krisis keuangan global.

“Kami berharap masyarakat jadi terinspirasi dan termotivasi karena tantangan terbesar dalam menghadapi pertumbuhan keuangan syariah adalah masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang keuangan syariah”, ujarnya.

Acara juga di hadiri oleh Anggota Fokorpimda, Ketua MUI Lampung, ASBISINDO, Kepala Perwakilan OJK, Rektor Perguruan Tinggi serta sejumlah Kepala Instansi/SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/Min)