Solidaritas Uighur, Ormas Islam Desak Sikap Pemerintah

Solidaritas Uighur, Ormas Islam Desak Sikap Pemerintah

Radartvnews.com- Ribuan umat muslim yang tergabung dalam berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Lampung, jumat siang (21/12) melakukan aksi solidaritas terkait penindasan muslim Uighur di Tiongkok. Aksi solidaritas ini diawali dengan long march menuju bundaran Tugu Adipura, Enggal, Bandar Lampung.

Tak hanya pria, wanita bahkan anak kecil pun ikut mengikuti aksi bela solidaritas islam mereka juga membawa bendera serta poster yang berupa tuntutannya.

Dalam aksinya ini, ribuan umat muslim di Lampung mengecam Pemerintah Republik Indonesia untuk segera membantu muslim Uighur.  Massa menilai saat ini pemerintah RI hanya diam dan seakan tutup mata melihat kondisi umat muslim Uighur.

Massa juga menyatakan bahwa pemerintah saat ini diam dikarenakan Pemerintah Indonesia tergantung hutang dengan Tiongkok. Ribuan umat islam di Lampung ini mendesak pemerintah RI untuk segera mengambil kebijakan terkait persoalan muslim Uighur.

“pemerintah saat ini diam dikarenakan Pemerintah Indonesia tergantung hutang dengan Tiongkok,” ujar Ade Irawan Koordinator Aksi.

Masih kata Ade Irawan, aksi bela islam solidaritas ini diikuti oleh 50 ormas islam yang peduli terhadap muslim Uighur. “melalui aksi ini pemerintah RI bisa mengambil kebijakan untuk membantu membebaskan muslim Uighur,” imbuh Ade.

Dalam aksi solidaritas ini, massa dari berbagai ormas islam juga melakukan orasi serta mendoakan muslim uighur di Tiongkok. Massa juga melakukan penggalangan dana untuk membantu muslim Uighur. (lih/san)

loading...