Surat Tercoblos 01, Lampung Waspada

Surat Tercoblos 01, Lampung Waspada

Radartvnews.com- Ribuan surat suara ditemukan sudah tercoblos untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi – Amin di Selangor, Malaysia oleh Warga Negara Indonesia (WNI) warga langsung melaporkan temuan ini ke panitia pengawas pemilu luar negeri yang langsung melakukan peninjauan ke lokasi temuan.

Setelah mendapati laporan, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahra mengatakan pencoblosan di TPS yang ada di kota-kota malaysia baru akan dilakukan pada minggu 14 april mendatang. Setelah dilakukan pengecekan suratnya sah dan valid memang tercoblos. Surat suara itu dibungkus dalam kantong plastik berwarna hitam kantong-kantong itu diletakkan di sebuah ruko yang ada di bangi, Selangor.

Menanggapi temuan ini, anggota Bawaslu Lampung Bidang Penindakan dan Pengawasan Iskardo P Panggar mengatakan, akan memperketat pengawasan distribusi logistik ditingkat kecamatan. Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi jalan nya proses demokrasi ini.

“kami akan memperketat pengawasan distribusi logistik ditingkat kecamatan, Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi jalanya proses demokrasi,” kata Iskardo.

Sementara itu, pengamat politik Lampung Ariska Waranegara juga berpendapat sama. Untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi dalam demokrasi tahun ini memang dibutuhkan kepedulian yang tinggi dari masyarakat sama – sama mengawal proses demokrasi agar tidak terjadi kecurangan.

“Untuk meminimalisir kecurangan dibutuhkan kepedulian yang tinggi dari masyarakat untuk mengawal proses demokrasi agar tidak terjadi kecurangan,” ungkap Arsika.

KPU sebagai penyelenggara dan bawaslu sebagai lembaga pengawas tidak bisa berkerja sendiri untuk menciptakan jalannya demokrasi yang jujur dan adil.(bow/san)