Tak Bayar Buku, Siswa SD Terusir

Belum Membayar Iuran Foto Copy Buku Pelajaran Tematik Seorang Siswa Sekolah Dasar Negeri 36 Negerikaton Kabupaten Pesawaran

Radartvnews.com- Rizki Aulia Bagdad siswa yang duduk dibangku kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 36 Negerikaton, Desa Kagungan Ratu,  Pesawaran terpaksa pulang lantaran belum membayar uang foto copy buku  pelajaran tematik.

Dengan polosnya Rizky mengungkapkan bahwa dirinya pulang dari sekolah karena disuruh guru bayar buku. Sementara dirinya tidak membawa uang, lalu guru menyuruhnya pulang untuk meminta uang kepada orang tuanya. Menurut Rizky tidak hanya dirinya yang disuruh pulang ada sejumlah siswa lain juga yang disuruh pulang mengambil uang.

“gak sekolah, disuruh bayar buku disuruh pulang ambil duit,” kata Rizky.

Sementara Hori orang tua Rizky mengatakan, bahwa sudah kali ketiga dirinya membeli foto copyan buku tematik untuk anaknya harga untuk satu foto copy buku tersebut sebesar Rp20 ribu dan dalam satu bulan  sudah tiga kali foto copy. Selain itu menurutnya jika orang tua siswa mau foto copy sendiri tidak diperbolehkan harus beli yang sudah difoto copy oleh sekolah.

“alasananya dia gak bawa duit jadi suruh pulang sama guru, kita harus beli buku,” kata Hori.

Guru Bantah Lakukan Pengusiran

Menanggapi persoalan tersebut Lina Oktaviana guru kelas 1 SDN 36 Negerikaton membantah bahwa ia menyuruh anak didiknya yang belum bayar foto copy buku tematik untuk pulang dirinya  tidak pernah memaksa anak didiknya untuk membeli buku fotocopy.

“saya tidak pernah menyuruh anak pulang, anak kampung dekat sini aja gak saya suruh pulang,” ujar Lina Oktaviana.

Dirinya membenarkan ada fotocopy buku tematik khusus tema 5 hingga tema 8 atau sebanyak 4 buku foto copyan, lantaran buku cetak dari bantuan operasional sekolah belum tersedia.(win/san)