Tak Ingin Tinggalkan Tradisi, I Made Suarjaya Rayakan Galungan Bersama Keluarga

Tak Ingin Tinggalkan Tradisi, I Made Suarjaya Rayakan Galungan Bersama Keluarga
Tak Ingin Tinggalkan Tradisi, I Made Suarjaya Rayakan Galungan Bersama Keluarga

radartvnews.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan Hari Raya Galungan di keluarga besar Almarhum kakek Pan Geret yang merupakan kakek dari anggota DPRD Provinsi Lampung I Made Suarjaya memiliki tradisi Galungan yang sedikit berbeda dengan Umat Hindu lainnya, yakni tradisi berkumpul bersama di rumah kakek atau orang yang tertua di keluarganya, karena di dusun III Kampung Ramadewa Kecamatan Seputihraman mayoritas masih keluarga besar dari kakek Pan Geret.

Setelah melakukan persembayanagan di Pure kampung para keluarga yang terdiri dari anak kecil orang dewasa hingga orang tua kemudian berdatangan memenuhi rumah orang yang di tuakan di dalam keluarganya untuk melakukan tradisi yang sudah turun temurun itu.

Tradisi yang dilakuka adalah seluruh keluarga melakukan persembahyangan di Pura keluarga besar, yang tujuannya untuk memanjatkan doa bersama sebagai wujud rasa syukur terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah melakukan sembahyangan di pure keluarga kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh anggota keluarga besar.

I Made Suarjaya mengatakan bahwa perayaan Hari Raya Galungan tidak hanya dimaknai dengan melakukan persembayangan di Pure saja, namun Hari Raya Galungan juga di maknai dengan saling memberi kebahagiaan kepada seluruh umat dan keluarga besar.

Ia menambahkan dalam kehangatan itu ia bersama keluarga saling memaafkan satu sama lain, selain itu yang juga menjadi tradisi di keluarga Made Suarjaya adalah arisan keluarga dan bagi-bagi ampau atau hadiah berupa sejumlah uang untuk para keponakan atau saudara yang usianya masih anak-anak.

Hal tersebut bertujuan sebagai wujut kasih sayangnya terhadap keluarga serta untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan, selain itu juga untuk memberikan semangat kepada anak-anak dan keluarga untuk saling bersilaturahmi dan memaafkan terutama di Hari Raya Galungan ini.

Karena dengan berkumpul lanjut Ketua Gema Sadhana Provinsi Lampung itu diharapkan seluruh keluarga dapat saling kasih mengasihi dan saling menyayangi sehingga terwujudlah keluarga yang harmonis.

Menurut beli Kadek sapaan akrab I Made Suarjaya  bahwa moment galungan ini lah yang dapat mempertemukan keluarga besar kakek Pan Geret dalam sebuah kebersamaan, sebab anggota keluarga ini tidak hanya yang tinggal di Seputih Raman atau Lampung Tengah saja melainkan ada juga yang dari luar kota, sehingga pada moment Galungan ini lah mereka dapat berkumpul berbagi kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

Pada kesempatan ini keluarga I Made Suarjaya meninjau langsung pembangunan Pure keluarganya, pembangunan Pure tersebut murni dibiayai oleh I Made Suarjaya sebagai tanda terimakasihnya kepada keluarga besarnya yang selama ini telah menjaga keharmonisan keluarga, selain itu juga pembangunan Pure tersebut merupakan salah satu nazar atau janji I Made Suarja kepada keluarganya. (tik/jef)