Tanggul Jebol, Rumah Terendam Panen Gagal

Untuk Beraktifitas Warga Menggunkan Perahu Karet

Radartvnews.com- Hujan deras sejak rabu malam (27/3) mengakibatkan tanggul sungai way tipo kembali jebol. Banjir  merendam sedikitnya enam puluh rumah dan puluhan hektar sawah milik warga di empat dusun, Kampung Goras Jaya, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kurun waktu satu bulan ini, kawasan ini sudah dua kali terendam banjir.  Banjir kali ini lebih parah, ketinggian air mencapai satu meter setengah.  Untuk beraktifitas warga menggunakan perahu karet milik BPBD Kabupaten Lampung Tengah.

Kepala kampung Goras Jaya Budianto mengatakan, kawasan ini langganan banjir karena tanggul tak kunjung diperbaiki. Warga yang rumahnya terendam banjir kini berda di pengungsian.

“sini langganan banjir karena tanggul jebol,  Warga yang rumahnya terendam banjir kini berda di pengungsian,” kata Budianto.

Kepala BPBDLampung Tengah Guntur Sosiawan menjelaskan, BPBD Kabupaten Lampung Tengah melakukan evakuasi warga untuk diungsikan di tempat pengungsian sementara.

“ketinggian air terus bertambah sehingga berbahaya bagi warga, selain perahu karet BPBD telah mendirikan tenda dan dapur umum,” jelas Guntur.

Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa ini, namun warga dipastikan gagal panen karena sawah terendam.(tik/san)