Temukan Arca Ganesha, Budayawan Katakan Lampung Asal Mula Sriwijaya

Polmeik keberedaan kerajaan Sriwijaya yang menuai pro kontra setelah budayawan Ridwan Siadi melontrakan pernyataan bahwa kerajaan Sriwijaya tidak berada di Palembang, setelah mempelajari Prasasti sejarah di Indonesia termasuk Prasasti Kedukan Bukit yang menjadi peninggalan tertua tentang kerajaan Sriwijaya, dan tiga prasasti yang menjadi dasar penelitian sejarah maupun arkeolog di Sumatra Selatan, seperti Prasasti Talang Igo, Talang Tuwo, dan Bukit Kapur/

Budayawan asal Lampung Diandra Natakembahang menjelaskan bahwa provinsi Lampung merupakan awal mula kerjaan Sriwijaya dimana banyak bukti seperti kedukan bukit, dan rumpun Pesagi Seminung merupakan bukti, sementara di Sumatra Selatan merupakan bagian dari besar nya kerjaan Sriwijaya di zaman nya.

Sementara, salah satu akademisi Unila Hasyimkan, dalam penelitian nya mengatakan, banyak bukti ditemukan di Bukit Damar Puluk Gunung Pesagi, teradapat Arca Ganesha sebagai bukti adanya peradaban ajaran Darma serta terdapat Istana Damar Puluk di Lokasi Gunung Pesagi terletak di Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat.

Arca menempel hampir rata dengan dinding tebing dan tertutup tanah dengan kemiringan sekitar 90 derajat. Bentuk archa sekitar 4×8 meter terletak diketinggian sekitar 100 meter yang tinggi bukitnya sekitar 200 meter dari tanah, dibawahnya terdapat beberapa kolam. Dan diperkirakan ada benteng di bagian tengah  bukit setinggi 4x 200 m. Archa Ganesha tersebut membelakangi matahari terbit yaitu sebelah timur seolah olah berasal dari matahari terbit dan menghadap ke barat dimana tempat matahari terbenam. Letak lokasi penemuan Arca Ganesa yaitu di Bukit Damar Puluk diperkirakan tempat pemujaan yang disekelilingnya terdapat tempat pemukiman yang lebar terdiri dari kebuayan, tanjung dan atar menguk ditempat itu pernah terdapat sebuah  peradaban besar dan maju berupa sebuah kerajaan dimana terdapat benteng pertahanan baik dari atas, bawah, samping kanan dan kiri.

(Ren/Bow)