Terpidana Alay Dipindah Ke Lapas Teroris

alay
terpidana alay dipindah ke lapas IIIb Gunung Sindur Bogor Jawa Barat

radartvnews.com – Lembaga Pemasyarakatan kelas Ia  Rajabasa Bandar Lampung  memindahkan Sugiharto Wiharjo alias Alay terpidana korupsi 119 miliar rupiah APBD Lampung Timur ke lapas IIIb Gunung Sindur Bogor Jawa Barat. Lapas ini dikenal menerapkan maximum security yakni sistem pengamanan yang sangat ketat sebab lapas gunung sindur sebagian besar dihuni oleh warga binaan atau narapidana kasus terorisme. Pemindahan alay membuat penasehat hukum alay meradang.

Pemindahan sugiharto alias alay itu  dibenarkan oleh kepala lembaga pemasyarakatan kelas 1a Rajabasa Bandar Lampung  Syafar saat dihubungi via telpon. Dipindahkannya alay ini atas perintah direktorat jendral pemasyarakatan Kemenkumham RI  pada hari rabu 26 juni 2019 lalu  secara mendadak.

Alay dipindahkan pada rabu  dini hari  mengunakan jalur darat  menuju lapas sindur yang juga dihuni oleh Setya Novanto terpidana kasus korupsi KTP elektronik.

Namun saat ditanya alasan pemindahan alay syafar mengaku tidak  mengetahui alasan itu menurutnya pihaknya hanya menjalankan tugas. Sementara itu penasehat hukum Ben Sujarwo  mengaku kecewa dengan pemindahan alay kelapas gunung sindur.

Menurutnya pemindahan klien itu tanpa adanya dasar dan kejelasan yang pasti apakah klienya ada pelanggaran atau tidak. Dengan pemindahan alay  sangat mempersulit  dirinya untuk berkoordinasi dengan alay.

Pihaknya akan melakukan langkah-langkah dengan mengirimkan surat ke instansi terkait  untuk meminta mengembalikan alay ke lembaga pemasyarakatan di Lampung.

Sementara itu Asintel Kejati Lampung  Raja Sakti Harahap mengaku tidak kesulitan untuk melacak aset alay, namun jika pihaknya membutuhkan keterangan alay terkait asetnya pihaknya yang akan mendatangi alay kelapas gunung sindur. (leo/rie)