RADARTVNEWS- Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap Badan Usaha/ Kontaktor/ Konsultan yang ada di Provinsi Lampung meningkatkan kualitas pekerjaan kontruksi. Sehingga  pengerjaan proyek di Provinsi Lampung mampu bersaing dengan kontraktor dari luar Lampung. Demikian disampaikan oleh Asisten Ekbang Adeham dalam acara Sosialisasi Penanggungjawab Badan Usaha dan Penanggung Jawab Teknis Pekerjaan Bidang Konstruksi Provinsi Lampung di Hotel Grand Praba, Rabu (01/06/2016).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana melalui Kabag Humas Heriyansyah, dalam sambutan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekbang Adeham mengatakan, Jasa kontruksi memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

Setiap badan usaha yang bergerak di bidang pelaksanaan jasa kontruksi nasional harus melakukan sertifikasi dan registrasi di lembaga pengembangan jasa kontruksi nasional. Badan usaha memiliki Penanggung Jawab Teknis (PJT) yang terampil dan berpendidikan serta memiliki sertifikat tenaga ahli/ terampil dari asosiasi profesi/ institusi pendidikan dan pelatihan.

“Oleh karena itu, guna meningkatkan kemampuan penanggung Jawab teknis dalam pekerjaan kontruksi di Provinsi Lampung, diperlukan suatu upaya strategis, salah satunya adalah melalui sosialisasi mengenai Peraturan Pemerintah di Bidang Jasa Kontruksi”, jelasnya.

Selain itu, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo melalui Asisten Ekbang Adeham menjelaskan bahwa peningkatan jumlah kontraktor di Indonesia tentunya harus diiringi pula dengan peningkatan kualitas  dan mutu dari pekerjaan yang dikerjakan, ketepatan penyelesaian pelaksanaan, serta efisiensi pemanfaatan sumberdaya personil, modal dan teknologi.

“Dalam industri jasa kontruksi faktor yang mendukung kualitas suatu pekerjaan adalah kualifikasi kontraktor yang memiliki modal, sumber daya manusia, sumber daya peralatan serta pengalaman kerja. Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para kontraktor di Provinsi Lampung sehingga dapat bersaing dengan kontraktor dari luar Lampung”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Bina Marga Rony Witono menerangkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan penanggung jawab jasa konstruksi Indonesia khususnya di Provinsi Lampung. “Sehingga dalam merencanakan dapat diperhitungkan dengan cermat sehingga hasil yang didapat berkualitas dan bermutu sesuai dengan harapan masyarakat”, terangnya. (Rls/sep)