Tuan Rumah FL2SN, Lampung Target Juara

Pagelaran FLS2N 2019 dengan mengususng tema, Dengan Seni Menyatukan Bangsa, akan melaksanakan tiga kategori lomba, diantaranya Jenjang SMA memperlombakan Vokal Solo, Tari Kreasi, Baca Puisi, Cipta Puisi, Gitar Solo, Desain Poster, Kriya, Film Pendek dan Monolog.

Sementara untuk jenjang Pendidikan Khusus Layanan Khusus ( PKLK), akan diisi perlomban seperti Menyanyi Solo yang diikuti oleh SDLB, SMPLB dan SMALB. Lomba Menari, Pantomim, Desain Grafis akan diikuti peserta dari SMPLB, SMALB. Kemudian lomba melukis diikuti oleh Peserta SDLB, SMPLB dan SMALB.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar menyampaikan, menjadi tuan rumah dalam even besar Kemedikbud, pihaknya akan bekerja keras, mulai dari penyelenggaraan maupun pelaksanaan lomba. Sementara terkait target, menurutnya 36 siswa Lampung akan berusaha meraih hasil yang terbaik dari semua cabang perlombaan.

Sementara Sekertaris Jendral Pendidikan Kemendikbud RI, Didik Suhardi menyebut, adanya even ini mencerminkan pendidikan yang utuh bagi para siswa, karena tidak hanya pendidikan akademik saja melainkan non-akademik, sehingga harapannya para siswa yang memiliki kemampuan dibidang seni, dapat menjadi orang hebat dimasa depan.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap, melalui FL2SN ini diharapkan menjadi awal lahirnya seni kreatif bagi para siswa, oleh karena itu dirinya meminta kedepan, harus ada pelatihan-pelatihan nasional terkait kesenian kreatif tersebut. Sehingga nantinya para siswa tidak hanya mengejar pendidikan akademik saja, melainkan bisa mengembangkan kemampuan seni yang dimiliki.

Selain itu menurutnya, FL2SN yang di ikuti 2.210 siswa dari 34 provinsi, serta 1.694 guru pendamping ini, akan menjadi media dalam mempromosikan kekayan provinsi lampung, mulai dari sisi kesenian dan kebudayaan hingga sektor pariwisata.(Kuh/Wo)