Umat Hindu Rayakan Galungan Dengan Penuh Rasa Syukur

Umat Hindu Rayakan Galungan Dengan Penuh Rasa Syukur
Umat Hindu Rayakan Galungan Dengan Penuh Rasa Syukur

radartvnews.com – Sejak rabu pagi Pure Puseh Kampung Rama Dewa Kecamatan Seputih Raman sudah mulai di padati oleh Umat Hindu yang berbondong-bondong untuk melakukan sembayangan Hari Raya Galungan tahun 2016.

Dengan membawa sesaji para Umat Hindu mulai memasuki Pure,  persembayangan dilakukan secara bergantian dan dibagi atas beberapa kloter , menurut Umat Hindu  perayaan Hari Raya Galungan dimaknai dengan saling berinstropeksi diri dan saling menahan ego, sebab ego yang tidak baik hanya akan membawa permasalahan yang dapat merusak tali silaturahmi terhadap sesama Umat Hindu.

Salah seorang tokoh masyarakat Kampung Rama Dewa I Made Suarjaya mengatakan  bahwa Hari Raya Galungan ini harus selalu dimaknai dengan kedamaian, sebab pada Hari Raya Galungan ini selalu diartikan dengan dimana Dharma atau kebenaran menang atas Adharma atau ketidakbenaran,

Selain itu galungan ini juga dimaknai dengan rasa syukur bhakti dan terimakasih Umat Hindu terhadap Sang Yang Widi Wase atau Tuhan Yang Maha Esa bahwa sampai hari ini Umat Hindu masih diberikan kesehatan, kenikmatan dalam bingkai kebenaran.

Dengan perayaan galungan yang damai dan penuh rasa syukur ini seluruh Umat Hindu yang merupakan umat minoritas di Provinsi Lampung dapat selalu damai dan sejahtera, dengan tetap menjunjung rasa kebersamaan dan tidak meninggalkan adat budaya Bali serta rasa kedamaian itu sendiri. (tika/bowo)